Kamis, 07 Maret 2019

Tugas Mandiri PKN bab 5 kelas 12 Semester Genap




Tugas Mandiri 5.1
1.        
No.
Nama Ahli
Konsep yang Dikemukakan tentang Hubungan Internasional
1.
J.C. Johari
Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlansung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang prilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara
2.
Mochtar Mas’oed
Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit dari pada hubungan antar kelompok.
4.
Drs.R.Soeprapto
Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.
5.
Drs.R Soeprapto
Hubungan internasional studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku ) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelas nilainya seperti mensubtitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia.
6.
Kenneth W.Thompson
Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.
2.       Menurut saya yang paling relevan dari konsep hubungan internasional yang dikemukakan para ahli di atas yang sesuai dengan konteks hubungan internasional yang dijalin oleh bangsa Indonesia adalah konsep hubungan nasional menurut Drs. R Soeprapto. Karena dalam pendapatnya Drs. R Soeprapto mengemukakan bahwa Hubungan internasional studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku ) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelas nilainya seperti mensubtitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia. Dengan demikian, pendapat konsep hubungan nasional tersebut sejalan dengan salah satu tujuan nasional Indonesia yaitu “…Ikut melaksanakan ketertiban dunia…”.
3.       Menurut saya, hubungan internasional adalah hubungan dalam berbagai bidang nasional yang saling menguntungkan yang dijalin oleh suatu Negara dengan Negara lain ataupun Negara dengan organisasi internasional guna mempertahankan kedaulatannya dan memajukan kesejahteraan rakyat masing-masing Negara.
Tugas Mandiri 5.2
No.
Bidang
Manfaat Hubungan Internasional
1.
Ideolodi
a.       Memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk melihat dan mempelajari ideology Negara lain.
b.      Indonesia dapat melakukan antisipasi akan ancaman ideology dari Negara lain.
c.       Memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menunjukan kekuatan ideologi pancasila kepada dunia internasional
2.
Politik
a.       Dapat mengetahui perkembangan politik di Negara lain
b.      Dapat mencontoh kebijakan-kebijakan politik Negara lain yang bisa member dampak positif bagi kehidupan politik dalam negeri
c.       Dapat memperkuat kekuatan politik Indonesia di dunia internasional.
3.
Ekonomi
a.       Indonesia dapat menggaet investor asing untuk menamkan modal di Indonesia guna menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran
b.      Indonesia mendapatkan keuntungan dengan mengekspor barang ke luar negeri
c.       Indonesia dapat memenuhi kebutuhan akan barang-banrang yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri dengan melakukan impor.
4.
Sosial Budaya
a.       Indonesia dapat memperkenalkan kekayaan budaya dalam negeri ke dunia
b.      Indonesia memiliki kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar guna memajukan pendidikan anak bangsa
c.       Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi di Negara lain
5.
Pertahanan dan Keamanan
a.       Dapat menghindari konflik dengan Negara lain
b.      Emperkuat dan mempertahankan kedaulatan NKRI
c.       Mendapat bantuan perdagangan senjata dengan Negara lain dan melakukan latihan militer bersama

Tugas Mandiri 5.3
1.       Indonesia menjalankan apa yang telah menjadi tujuan Negara Indonesia, yaitu untuk ‘ikut melaksanakan ketertiban dunia’. Dengan demikian sudah seharusnya Indonesia memberikan bantuan kepada palestina dan mendorong terjadinya perdamian di sana.
2.       Masuk sila yang ke-2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.
3.       Saya benar-benar merasa bangga karena Indonesia berperan aktif dalam menjaga ketertiban dunia dan tentu saja saya berpikir bahwa bangsa kita telah menjalankan salah satu tujuan nasionalnya dengan baik dan dengan aksi yang dapat dilihat kebenarannya.
4.       Saya rasa Indonesia perlu melakukan peningkatan kerjasama di bidang pendidikan dan teknologi. Indonesia merupakan Negara berkembang dengan tingkat penduduk yang padat, namun masih belum dapat memanfaatkan SDM yang berlimpah tersebut sehingga SDA kita menjadi mubazir. Oleh karena itu Indonesia harus menyerap pengetahuan dan teknologi dari Negara lain guna meningkatkan kualitas SDM kita, sehingga kita dapat memanfaatkan SDA yang kita miliki dengan semaksimal mungkin guna kemakmuran rakyat.
Sumber :

Download postingan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tugas Remaja Template by Ipietoon Cute Blog Design