Kamis, 07 Maret 2019

Tugas Mandiri dan Uji Kompetensi Pkn bab 7 Kelas 12 Semester Genap



Tugas Mandiri 7.1
1.
No.
Bidang
Keunggulan NKRI
1.
Idiologi
Indonesia memiliki pancasila sebagai ideologi Negara. Pancasila terbukti mampu menjadi ideologi negara yang dapat melaksanakan tujuan negara baik ke dalam maupun keluar.
2.
Politik
Indonesia mampu bersinar di dunia internasional dengan sistem politik luar negeri yang bersifat bebas aktif. Indonesia juga mampu bersaing dengan kekuatan politik negara lain dengan landasan pancasila yang melindungi rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
3.
Ekonomi
Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil alam yang melimpah. Dilihat dari wilayah laut yang luas tentu saja menjadi sebuah harta tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh negara lain.
4.
Sosial budaya
Indonesia memiliki beribu-ribu suku dan budaya yang semuanya tersatukan di dalam bhineka tunggal ika yang menjadikan negara indonesia menjadi negara kaya akan budaya dan memiliki rasa persatuan yang kuat.
5.
Pertahanan dan keamanan
Indonesia memiliki sistem keamanan dan pertahanan sishamkamrata yang melibatkan seluruh kekuatan dan persatuan yang dimiliki untuk menghadang ancaman dari luar yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.
2. Saya rasa Indonesia memiliki keuntungan di bidang sosial budaya. karena tidak semua negara memiliki suku dan bahasa sebanyak Indonesia, bahkan indonesia menjadi negara kedua dengan bahasa terbanyak setelah Papua Nugini.
Tugas Mandiri 7.2
No.
NKRI
RIS
1.
Unitarisme sudah merupakan cita-cita gerakan kemerdekaan Indonesia
Pengangkatan perdana menteri dilakukan oleh Presiden, bukan oleh parlemen sebagaimana lazimnya.
2.
Negara tidak memberikan tempat hidup bagi provinsialisme
Pembentukan kabinet dilakukan oleh Presiden bukan oleh parlemen.
3.
Tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan berada di Pulau Jawa sehingga tidak ada tenaga di daerah untuk membentuk negara federal
Pertanggungjawaban kabinet adalah kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), namun harus melalui keputusan pemerintah.
4.
Wilayah-wilayah di Indonesia tidak sama potensi dan kekayaannya

Parlemen tidak mempunyai hubungan erat dengan pemerintah sehingga DPR tidak punya pengaruh besar terhadap pemerintah. DPR tidak dapat menggunakan mosi tidak percaya kepada kabinet.
5.
Dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan
Presiden RIS mempunyai kedudukan rangkap yaitu sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahan.
2. Alasan mengapa konsep federalis tidak cocok diterapkan di Indonesia adalah karena banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia. Negara Indonesia tidak cocok denagan negara federasi karena mengarah kearah Homogenitas. Hal ini terbukti saat Indonesia menjadi Negara serikat dimana perpecahan antar kelompok marak terjadi dan mengancam kesatuan negara Indonesia. Masing masing kelompok menganggap bahwa kelompoknya adalah yang terbaik dan yang lain tidak lebih baik. Apalagi Indonesia tidak hanya kaya dengan suku bangsa saja namun agama, budaya, dan juga bahasa. Sistem Negara yang cocok bagi Negara ini memang berpaham republik yang bisa menyatukan Indonesia.
Uji Kompetensi Bab 7
1.       wewenang legislatif tertinggi dipusatkan dalam suatu bada legislatif nasional. kekuasaan negara dipegan oleh pemerintah pusat dimana pemerintah pusat dapat menyerahkan sebagian kekuasaannya kepada daerah berdasarkan hak otonomi, tetapi pada tahap terakhir kekuasaan tetap berada di tangan pemerintah pusat. (C.F Strong : 1963-84)
2.       
·         Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk yang besar merupakan potensi yang tidak ternilai harganya dalam upaya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan, termasuk sebagai modal dasar dalam melaksanakan pembanagunan dalam upaya menyejahterakan bangsa.
·         Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan social budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya. Peerbedaan atau keanekaragaman tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia berceraiberai, namun justru merupakan potensi untuk mnengembangkan dirinya menjadi bangsa yang besar. Hal ini juga didorong oleh adanya semangat persatuan dan kesatuan sehingga sekalipun terdapat perbedaan, namun bukan perbedaan yang ditonjolkan tetapi justru persamaannya.
·         Dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep Wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita teteap satu pandangan, yaitu yang memandang bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam. d. Semangat sumpah pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia. Dengan menunjukkan bahwa kita sama-sama memahami satu wilayah negara dan tanah air yang sama, yaitu Indonesia; sama-sama merasa berbangsa yang satu bangsa Indonesia, dan sama-sama menggunakan bahasa yang sama, yaitu bahasa Indonesia serta memiliki sejarah yang sama, yaitu sejarah Indonesia. Dalam pergaulan yang ditonjolkan adalah bangsa Indonesianya, bukan dari mana asal daerahnya.
·         Memiliki tata krama atau keramahtamahan, sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramahan dan kesopanannya sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia. Namun demikian, akhir-akhir inii ini kesopanan dan keramahan bangsa Indonesia agak tercemar oleh ulah segelintir manusia yang tidak bertanggungjawab, terutama yang gemar membuat kerusuhan, kerusakan dan perangai-perangai lain yang justru membuat bangsa lain takut datang ke Indonesia.
·         Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu diposisi silang dunia sehingga membuat Negara Indonesia menjadi wilayah yang amat ramai dan mudah untuk
dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
3. negara kesatuan =
- hanya mengakui 1 kedaulatan, yakni kedaulatan negara
- kedaulatan daerah tidak diakui
- tidak ada negara bagian, yang ada adalah provinsi yang dipimpin oleh gubernur

negara federal =
- mengakui kedaulatan negara bagian
- negara bagian bisa membuat hukum sendiri, jadi tiap - tiap negara bagian bisa jadi memiliki hukum yang berbeda
- tidak ada provinsi, yang ada adalah negara bagian yang dipimpin oleh gubernur
4.  Alasan mengapa konsep federalis tidak cocok diterapkan di Indonesia adalah karena banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia. Negara Indonesia tidak cocok denagan negara federasi karena mengarah kearah Homogenitas. Hal ini terbukti saat Indonesia menjadi Negara serikat dimana perpecahan antar kelompok marak terjadi dan mengancam kesatuan negara Indonesia. Masing masing kelompok menganggap bahwa kelompoknya adalah yang terbaik dan yang lain tidak lebih baik. Apalagi Indonesia tidak hanya kaya dengan suku bangsa saja namun agama, budaya, dan juga bahasa. Sistem Negara yang cocok bagi Negara ini memang berpaham republik yang bisa menyatukan Indonesia.
5. Dengan melakukan berbagai kegiatan positif untuk NKRi. contohnya adalah dengan belajar giat guna menyongsong hari esok, menghargai hasil karya bangsa dendiri, memakai produk dalam negeri dll.
Download Artikel Ini. 
sumber :
https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&dcr=0&ei=mZw4WsfCCcP-vgTYxKzoCw
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101111060751AAR0WEz
http://www.klikpengertian.com/2016/02/keunggulan-negara-kesatuan-republik-indonesia.html
http://www.bhataramedia.com/forum/mengapa-konsep-federalisme-tidak-cocok-diterapkan-di-indonesia/
http://stefanikristina.blogspot.co.id/2016/03/pembahasan-soal-pkn-halaman-230-kelas-12.html
http://wartakota.tribunnews.com/2017/01/21/inilah-10-negara-dengan-bahasa-terbanyak-indonesia-di-urutan-ini?page=3

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tugas Remaja Template by Ipietoon Cute Blog Design