Kamis, 07 Maret 2019

Partikel 'A, An, dan The' dalam Bahasa Inggris


Dalam bahasa Inggris dikenal 3 partikel (kata sandang). Adapun artikel tersebut dibedakan menjadi dua yaitu Difinite Article (The) dan Indifinite Article (A dan An).
A. Article A dan An
Sebenarnya partikel 'a' dan 'an' memiliki arti yang sama, hanya saja penggunaanya yang berbeda berdasarkan huruf awal noun yang diikutinya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaany antara lain adalah :
  1. Article 'a' digunakan pada noun dengan huruf awal konsonan. Contoh : I have a book. Kata Book (buku) diawali dengan huruf konsonan, jadi menggunakan article 'a'.
  2. Article 'an' digunakan pada noun dengan huruf awal vowel (huruf vokal : a,i,u,e,o). Contoh : I have an eraser. Kata eraser (penghapus) diawali dengan huruf vokal, karena itu menggunakan article 'an'.
  3. PERHATIAN : Penentuan huruf konsonan atau vokal ditentukan oleh pengucapan (pronunceation) kata tersebut, bukan sekedar hanya dari penulisannya. Contoh : Pada kata University digunaka partikel 'a' bukannya 'an', karena University dibaca 'Yuniversiti'. Yaitu diawali huruf konsonan 'y' dalam pembacaanya bukannya huruf vokal 'u' dalam penulisannya. Sekali lagi, Penggunaannya ditentukan dengan BUNYI HURUF AWALNYA BUKAN PENULISANNYA.
Article ini digunakan dalam :
  1. Digunakan sebelum singular nouns ketika disebutkan pertama kali dalam sebuah kalimat ataupun paragrap. Biasanya noun tersebut tidak spesifik dan artikel 'a' atau 'an' akan diartikan sebagai 'sebuah' dalam bahasa indonesia. Contoh : I see a house.
  2. Saat sebuah bentuk tunggal digunakan untuk membuat sebuah pernyataan umum tentang sesuatu yang sejenis. (bingung ya? nih saya kasih contoh :v). A concet pianist spends many hours practicing. Kata A concert pianist mewakili SEMUA koser pianis bukan hanya satu saja.
  3. Digunakan dalam menyebutkan sebuah pangkat atau jabatan. Contoh : A sailor.
  4. Digunakan dalam nama kebangsaan : An American.
  5. Digunakan dalam nama agama. A moslem.
  6. Digubakan dalam countable noun dalam bentuk tunggal. Contoh : I have a pen. (Pen merupakan countable noun).
  7. digunakan sebelum kata benda tunggal yang digunakan sebagai contoh dari sebuah kelompok benda. Contoh : An announcer must be able show teater of mind.
  8. digunakan dalam penulisan jumlah tertentu. Contoh : a couple of parents. Ada juga A bunch of..., A piece of..., dan lain sebagainya.
  9. digunakan untuk menyatakan harga satuan tertentu. Contoh : $ 50 a kilo.
  10. igunakan dalam kalimat seru. Contoh : what a beautiful girl! (Pada What a...)
B. Article THE
Article The digunakan pada :
  1. Kata benda yang sudah disebut pada kalimat sebelumnya.Contoh : I have  a book. The book is blue.
  2. digunakan untuk kata yang menunjukan bangsa atau orang secara kolektif. Contoh : The Javanese.
  3. digunakan dalam bentuk superlative dan ordinal numbers. Contoh : the longest.
  4. digunakan untuk nama keluarga dalam bentuk jamak yang berarti family. Contoh : The Cullen.
  5. digunakan untuk nama benda yang hanya satu-satunya. Contoh : The sun. The moon.
  6. Digunakan pada singular noun yang memiliki arti sama dengan sebuah spesies atau grup. Contoh : The tiger lives in Asia. (Tiger sebagai spesies, yang tinggal di Asia).
  7. Ajective yang menjadi noun. Contoh : Johan donate his money for the deaf. (Deaf artinya 'tuli'. tapi di sini menjadi 'orang tuli').
  8. bagian tubuh  yang menjadi preposotional prasa yang menjadi sebuah objek dalam sebuah kalimat. Contoh : I was hit on the head. 
Sumber :
https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/articles-dalam-bahasa-inggris.aspx
TOEFL : Structure and Written Expression
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tugas Remaja Template by Ipietoon Cute Blog Design