Kamis, 07 Maret 2019

Pengertian Tesis


A. Pengertian

Tesis merupakan sebuah pernyataan ataupun teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan ataupun ditulis dalam bentuk karangan dan sengaja dibuat untuk bisa menyelesaikan program pendidikan di tingkat pendidikan tertentu (biiasanya Sarjana) sehingga penulisnya layak dan berhak untuk mendapatkan gelar sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya. Atau secara singkat, Tesis merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat untuk mendapatkan gelar tertentu pada tingkat pendidikan perguruan tinggi.

B. Jenis Tesis

1. Tesis Kuatitatif, yaitu tesis yang dibuat untuk membangun ataupun mendirikan berbagai macam pernyataan ataupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif sering juga disebut dengan Nalar Deduktif – Hipotektikal.
Contoh tesis Kuantitatif :
A. Latar Belakang Penelitian
Pembangunan Nasional di bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Sistem pendidikan nasional diselenggarakan melalui dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah, dan jalur pendidikan luar sekolah.
Pendidikan keluarga, komunikasi orang tua terhadap anaknya merupakan bagian dari pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam dan oleh keluarga. Jalur pendidikan sekolah
terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar merupakan pendidikan yang lamanya sembilan tahun yang diselenggarakan enam tahun di Sekolah Dasar (SD) dan tiga tahun di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau satuan pendidikan yang sederajat. Selengkapnya klik di sini.
Contoh diambil dari : http://terinspirasikomunikasi.blogspot.com/2012/12/contoh-proposal-thesis-kuantitatif.html
2. Tesis Kualitatif, tesis yang dibuat bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan ataupun kerangka hipotetikal. Jenis tesis ini lebih ditujukan sebagai penelitian yang bersifat non kuantitatif. Tesis kualitatif sering juga disebut dengan istilah Nalar Induktif – Non hipotetikal. Untuk melihat contoh tesis kualitatif, silahkan klik di sini.

C. Ciri-ciri Tesis

  1. Tesis biasanya hanya terfokus pada salah satu isu sentral yang ada di dalam sebuah disiplin ilmu pendidikan saja. Tesis cenderung dibuat mengikuti jenis program studi yang sedang diambil / ditempuh oleh mahasiswa yang membuatnya.
  2. Tesis biasanya dibangun dengan berlandaskan pengujian empirik terhadap suatu posisi teoritis tertentu.
  3. Tesis selalu menggunakan data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data penunjang ataupun data pembanding.
  4. Tesis harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan juga benar. Jika program studi yang diambil merupakan program studi berbahasa asing, maka tesis juga harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa asing tersebut dengan baik dan juga benar.
Sumber :
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-tesis-jenis-tesis-dan-karakteristik-tesis/
http://terinspirasikomunikasi.blogspot.com/2012/12/contoh-proposal-thesis-kuantitatif.html
http://www.academia.edu/12089608/contoh_PROPOSAL_PENELITIAN_KUALITATIF

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tugas Remaja Template by Ipietoon Cute Blog Design